Cara Mengatasi Gangguan Matematika (Dyscalculia)

Posted: June 4, 2010 in Cara Mengatasi Gangguan Matematika (Dyscalculia).

Ada dua pendekatan yang dapat kita gunakan untuk mengatasi anak yang mengalami gangguan matematika (dyscalculia), yaitu : penanganan matematika yang intensif atau dengan mengambil jalan pintas.

Pendekatan yang pertama, yaitu penanganan matematika yang intensif, kita dapat melakukannya dengan teknik “individualisasi yang dibantu tim”. Pendekatan ini menggunakan pengajaran secara privat dengan teman sebaya (peer tutoring). Pendekatan ini mendasari tekniknya pada pemahaman bahwa kecepatan belajar seorang anak berbeda-beda, sehingga ada anak yang cepat menangkap dan ada juga anak yang lama menangkap. Teknik ini mendorong anak yang cepat menangkap materi pelajaran agar mengajarkannya pada temannya yang lain yang mengalami problem dyscalculia tersebut.

Pendekatan yang kedua, yaitu jalan pintas : diberikannya kalkulator kepada anak yang mengalami dyscalculia. kalkulator dapat membantu anak tersebut untuk menghitung. Hal ini sederhana karena anak dyscalculia tidak memiliki masalah dengan kaitan antara angka, akan tetapi lebih kepada menghitung angka-angka tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s