perbedaan aliran psikoanalisa,behaviorisme,humanistik

Posted: October 20, 2009 in kesehatan mental

psikologi kesehatan mental Perbedaan Aliran Psikoanalisa, Behaviorisme dan Humanistik Aliran Psikoanalisa : * Menganggap individu itu pincang . * Mengabaikan potensi yang dimiliki manusia. * Memeberikan gambaran pesemestis tentang kodrat individu karena menganggap individu adalah korban dari tekanan-tekanan biologis dalam konflik masa kanak-kanak .

Aliran Behaviorisme : * Mengabaikan potensi yang ada didalam individu. * Menganggap individu sebagai mesin yang sudah diatur sebelumnya. * Individu dapat memberikan respon jika ada stimulus dari luar dan individu tidak memiliki sikap diri sendiri. Aliran Humanistik : * Memandang bahwa setiap individu memiliki kemampuan untuk lebih baik. * Individu dapat tumbuh berkembang untuk menjadi yang lebih baik sesuai keinginannya. * Percaya kodrat bahwa individu harus dapat mengatasi masa lampau secara biologis dan lingkungan. * Aliran ini tidak mengabaikan potensi yang dimiliki individu dan percaya pada kapasitas individu untuk memperluas, memperkaya dan memenuhi diri sendiri. Kritikan Humanistik terhadap Psikoanalisa dan Behaviorisme Humanisti terhadap Psikoanalisa Psikoanalisa banyak membicarakan individu dalam sisi negativnya dan tidak melihat bahwa individu mempunyai potensi yang dapat dikembangkan.

Psikoanalisa juga berbicara tentang konflik dan tekanan-tekanan yang dialami oleh individu tetapi menurut Humanistik individu dapat menekan tekanan-tekanan yang terjadi pada dirinya serta individu mempunyai potensi yang dapat dikembangkannya sesuai keinginannya.

Humanistik terhadap Behaviorisme Behaviorisme berpendapat bahwa individu adalah sebuah mesin yang sudah diatur sebelumnya dan individu juga tidak punya sikap dirinya sendiri serta individu dapat memberikan respon jika ia mendapat stimulus dari orang lain. Individu juga tidak dapat melampaui konflik yang terjadi secara biologis dan lingkungan dan mengabaikan potensi yang dimiliki individu. Sedangkan Humanistik menekankan bahwa individu mempunyai potensi yang dapat dikembangkannya dan individu juga dapat melampaui konflik yang dialami secara biologis dan lingkungan. Jadi individu dapat tumbuh berkmbang dengan menekan kekuatan-kakuatan negative.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s